AMN Cetak Pemuda Berdaya Saing Tinggi dan Berkarakter Pancasila

Oleh: Raymond Poluan )*

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) mampu mencetak para pemuda penerus generasi bangsa yang berdaya saing tinggi dan siap untuk berkancah di level dunia. Keterwujudan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda itu karena adanya berbagai macam pembinaan dan pelatihan hingga didikan dari inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) selaku inisiator program tersebut.

Dengan adanya didikan yang sangat optimal dari pemerintah melalui inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut, bukan tidak mungkin AMN akan mencetak para pemuda yang berdaya saing tinggi dan menjadikan mereka siap untuk berkancah hingga di level dunia.

Apabila para pemuda selaku penerus generasi bangsa memiliki daya saing yang tinggi dan tidak kalah ketika bersaing dengan mereka di level internasional, maka hal tersebut merupakan sebuah modal yang sangat penting bagi Indonesia guna mewujudkan visi menyongsong negara yang semakin maju.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H. Ma’ruf Amin berpesan kepada seluruh anak muda agar bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada sebagai upaya untuk senantiasa meningkatkan daya saing mereka, terlebih kesempatan yang sudah diberikan pemerintah melalui inisiasi BIN, yakni Program AMN.

Kepemilikan daya saing yang tinggi dari para pemuda itu jelas akan berdampak pada sektor ketenagakerjaan, yang mana merupakan salah satu elemen penting dalam mesin pertumbuhan ekonomi.

Adanya Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sebagai sebuah hunian yang di dalamnya menampung para pelajar dari berbagai daerah dan beragam perguruan tinggi di Indonesia terus mengembangkan lembaga pelatihan yang kredibel, mandiri dan berkelanjutan sehingga sangat bermanfaat.

Sebelumnya AMN sendiri sudah sukses berdiri megah di Kota Pahlawan Surabaya, dan kini akan berada di Manado. Pemerintah melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) terus mengadakan program itu secara menyebar di beberapa lokasi di Indonesia seperti Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang.

Pengarahan keberlanjutan program Asrama Mahasiswa Nusantara di berbagai daerah atau lokasi jelas mampu mengurangi ketimpangan dan kesenjangan. Selain itu, akan semakin maksimal dalam upaya peningkatan daya saing pemuda untuk menjadikan masa depan mereka lebih cerah.

Banyaknya pelatihan, didikan hingga gemblengan melalui program AMN jelas akan mewujudkan para pemuda yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing tinggi, karena keberadaan mereka selaku sumber daya manusia (SDM) di Indonesia akan semakin mempercepat terwujudnya visi Indonesia Maju pada tahun 2045 mendatang.

Pemerhati anak, Femmy Eka Kartika Putri mengatakan bahwa pembangunan kepemudaan memang memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia yang lebih maju, berkualitas dan berdaya saing di Indonesia.

Bukan tanpa alasan mengapa hal tersebut menjadi sangat penting, karena para generasi muda penerus bangsa itu sejatinya mereka semua memiliki potensi yang luar biasa besar. Sehingga dengan adanya potensi tadi, hendaknya mampu menjadikan mereka lebih berkontribusi dalam setiap aspek pembangunan bangsa, utamanya untuk memajukan perekonomian nasional.

Daya saing yang tinggi dari para pemuda akan mampu semakin mengembangkan kewirausahaan nasional, sehingga di dalamnya mampu menciptakan beragam terobosan baru bahkan mampu bersaing di kancah dunia.

Badan Intelijen Negara (BIN) telah memberikan kesempatan yang sangat terbuka lebar kepada seluruh pemuda di Tanah Air untuk terus mengembangkan diri mereka, yakni melalui keberadaan AMN yang di dalamnya mendatangkan kebermanfaatan luar biasa untuk mereka, termasuk kegiatan wirausaha untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Realisasi program unggulan strategis yakni Asrama Mahasiswa Nusantara ini merupakan sebuah wujud nyata dari terobosan yang pemerintah lakukan dalam rangka untuk percepatan pertumbuhan dan rasio kewirausahaan di Indonesia, sehingga menjadikan baik dari segi potensi atau masalah dari para pemuda itu akan mendapatkan perhatian lebih optimal.

Jelas sekali, bahwa generasi muda penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi akan berperan sangat penting untuk mewujudkan serta mengawal pertumbuhan ekonomi nasional, terlebih pada era society 5.0 saat ini.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah mengatakan bahwa keberadaan AMN merupakan sebuah wadah untuk mempersiapkan seluruh mahasiswa selaku penerus masa depan bangsa agar mereka lebih berkualitas, berintegritas dan juga memiliki karakter kebangsaan yang kuat sehingga bisa berdaya saing global.

Tidak hanya menyediakan fasilitas yang sangat memadai dan lengkap saja, namun Asrama Mahasiswa Nusantara juga memberikan banyak bentuk pelatihan kepada anak muda agar berbagai aspek kehidupan mereka mampu meningkat.

Para pemuda akan memiliki daya saing yang tinggi bahkan mereka semua mampu bersiap untuk berkancah di level dunia, berkat adanya binaan dari Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN). Masyarakat pun diimbau untuk senantiasa menyukseskan program tersebut demi mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045.

)* Penulis merupakan Mahasiswa asal Jakarta tinggal di Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *