Persiapan Matang dan Komitmen Kuat Pemerintah Wujudkan PON Aceh-Sumut Berkualitas

Oleh: Rudy Siregar )*

Pemerintah telah melakukan serangkaian persiapan dengan sangat matang dan berkomitmen kuat untuk bisa mewujudkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara (Sumut) yang aman dan berkualitas.

Adanya persiapan yang sangat matang serta komitmen kuat pemerintah untuk mewujudkan PON Aceh-Sumut 2024 itu menjadi sebuah gelaran yang berkualitas tentunya patut mendapatkan apresiasi tinggi dan juga dukungan penuh dari segenap elemen masyarakat.

Karena, untuk mampu mewujudkan PON XXI di Aceh-Sumut secara berkualitas, maka jelas memerlukan adanya persiapan yang sangat matang dan juga komitmen kuat dari semua pihak, termasuk pemerintah, stakeholder atau pemangku kepentingan terkait serta masyarakat sendiri.

PON XXI Aceh-Sumut menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kualitas dalam penyelenggaraan event olahraga. Persiapan yang matang dan komitmen kuat dari pemerintah menjadi kunci untuk mewujudkan PON Aceh-Sumut yang berkualitas dan sukses.

Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (Sekjen KONI), Lukman Djajadikusuma mengungkapkan bahwa penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 merujuk pada standar internasional. Salah satunya juga merujuk pada pengalaman saat melaksanakan gelaran Asian Games pada tahun 2018 silam di Jakarta dan Palembang dengan menggunakan aturan dari International Olympic Committee (IOC).

Selain itu, untuk semakin mempromosikan Aceh dan Sumatera Utara hingga ke kancah nasional dan intrnasional, maka seluruh identitas dan branding dalam PON XXI 2024 harus terlihat di semua venue.

Dengan adanya persiapan yang sangat matang dan juga komitmen kuat untuk senantiasa menjaga kualitas pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut, maka menjadikan gelaran tersebut tidak hanya sekedar menjadi ajang kompetisi olahraga nasional saja, namun sekaligus mampu memperkuat persatuan dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Tentunya pemerintah sangat ingin mewujudkan PON XXI Aceh-Sumut 2024 bukan hanya sekedar menjadi ajang kompetisi olahraga terbesar di Indonesia saja, melainkan lebih dari itu, pemerintah menginginkan agar event ini menjadi tonggak sejarah baru dalam pengembangan prestasi olahraga nasional.

Pemerintah juga sangat menginginkan agar melalui ajang PON tersebut mampu menjadi investasi jangka panjang bagi pembangunan daerah, khususnya bagi Aceh dan Sumatera Utara.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Surono menegaskan bahwa pemerintah pusat maupun daerah memang telah berkomitmen sangat kuat dengan melalui anggaran yang signifikan untuk membangun dan merenovasi berbagai venue serta fasilitas olahraga di sana.

Hal tersebut jelas mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang memadai dan bahkan berstandar internasional. Salah satu bukti nyata dari komitmen pemerintah, yakni dengan melaksanakan renovasi sebanyak 18 venue di wilayah Tanah Rencong tersebut.

Berbagai macam upaya itu tidak hanya bertujuan untuk menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, namun juga untuk memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun pemerintah dapat bermanfaat untuk berbagai macam kegiatan olahraga lainnya di masa depan.

Dengan adanya berbagai renovasi fasilitas tersebut, diharapkan nantinya mampu terus digunakan untuk pembinaan para atlet secara jangka panjang dan menjadi tuan rumah dalam berbagai kompetisi, baik itu di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian II PB PON XXI Wilayah Aceh, Iskandar mengungkapkan kesiapan wilayah berjuluk Serambi Mekkah itu untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional memang sudah sangat matang.

Bahkan, seluruh kabupatan atau kota di Aceh juga telah menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan, mulai dari akomodasi hingga sektor transportasi. Semua bupati dan walikota juga sudah siap untuk mendukung penuh dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hari. Kesiapan sangat matang mulai dari soal infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi untuk menjadi tuan rumah.

Gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 20 September 2024 akan menjadi ajang kompetisi yang meriah dengan adanya partisipasi dari seluruh atlet terbaik di Indonesia yang akan berlaga di berbagai cabang olahraga (cabor).

Selain sebagai ajang unjuk kemampuan dari para atlet, PON XXI itu juga menjadi momentum untuk mempromosikan keindahan dan sekaligus keragaman budaya Aceh dan Sumatera Utara kepada para pegunjung, baik dari dalam dan luar negeri.

Persiapan matang dan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan PON Aceh-Sumut yang berkualitas merupakan langkah strategis yang sangat penting. Dengan memastikan infrastruktur dan fasilitas memadai, menjamin pelaksanaan yang adil dan profesional, memberikan dukungan penuh bagi para atlet, serta melibatkan masyarakat dan mempromosikan pariwisata, PON Aceh-Sumut tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menjadi perwujudan komitmen untuk membangun prestasi olahraga Indonesia yang lebih baik di masa depan.

PON Aceh-Sumut bukan hanya sekedar perhelatan olahraga, melainkan wujud nyata dari kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama meraih prestasi dan membangun kebanggaan nasional.

*) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *