Pembukaan IAF Ke-2 dan HLF MSP di Bali, Indonesia Angkat Agenda Pembangunan Ke Level Lebih Tinggi

Bali – Presiden Joko Widodo resmi membuka Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 dan High Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP). Indonesia menyatakan komitmen siap bermitra dengan siapa pun di kawasan Afrika untuk mengangkat agenda pembangunan ke tingkatan yang lebih tinggi.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia siap menjadi mitra yang andal bagi Afrika dalam berbagai agenda pembangunan.

“Indonesia siap bermitra dengan siapa pun di kawasan Afrika untuk mengangkat agenda pembangunan ke tingkatan yang lebih tinggi,” ujar Jokowi pada sesi pembukaan, Senin (2/9).

Presiden Jokowi menekankan perlunya arah dan visi baru untuk mencapai pembangunan yang lebih adil dan inklusif, khususnya bagi negara-negara berkembang.

Selain itu, Jokowi juga menggarisbawahi komitmen Indonesia untuk menjadi bagian dari solusi global, terutama dalam memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan solidaritas.

“Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global, sekaligus menjadi bridge builder dalam memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan solidaritas untuk mempercepat pencapaian SDGs,” tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga membuka High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) yang diselenggarakan bersamaan di Bali. Forum ini menjadi platform untuk memperkuat kemitraan multi-pihak dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Sebelumnya, Direktur Politik Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian PPN/Bappenas, Hendra Wahanu Prabandani, menyebut forum ini sebagai bukti nyata kepemimpinan Indonesia dalam menggalang kemitraan multi-pihak.

“Forum ini menjadi katalisator untuk solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global, serta memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin dalam upaya mencapai SDGs,” jelas Hendra.

Dengan tema “Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change,” HLF-MSP 2024 diharapkan mampu melanjutkan estafet keberhasilan Indonesia dalam memimpin forum dunia dan menjadi manifestasi dari komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan dan inklusif.

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *