Pembangunan AMN Program Bersama Bangsa Inisiasi BIN Libatkan Kementerian dan Pemerintah Daerah

Manado – Nurdiana Habibie selaku Kepala BPPW Sulut, Kasie Pelaksana Wilayah I dan II, menyampaikan Kegiatan Pembangunan AMN merupakan program bersama bangsa yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dengan melibatkan berbagai Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

“Lahan AMN disiapkan oleh Pemprov berlokasi di Desa Sea II, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa dan pembangunan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dalam hal ini melalui BPPW Sulut,” katanya.

Nurdiana menambahkan bahwa desain yang ada telah mengikuti standar teknis Bangunan Gedung Negara, sesuai amanat PP Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung dan juga menggunakan Building Information Modeling (BIM).

Sebelumnya, saat Ground Breaking AMN Manado, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Steve HA Kepel menjelaskan, gedung tersebut akan mampu mendorong pertumbuhan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Pembangunan AMN Manado simbol komitmen kita terhadap pembangunan sumber daya manusia,” tutur Steve.

Gubernur Sulut berharap, AMN Manado dapat menciptakan lingkungan kondusif bagi mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk belajar, berkreasi, dan berkolaborasi khususnya yang berada di Sulawesi Utara.

Untuk diketahui, pembangunan Gedung Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan upaya Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama di seluruh Indonesia serta bersifat multi perguruan tinggi.

Menurut Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M., BIN ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi katalisator pembangunan AMN dan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sebagai dasar pembangunan asrama ini.

“Pembangunan AMN bermula dari aspirasi berbagai tokoh masyarakat Papua yang menginginkan ada suatu wadah atau media yang dapat mempersatukan suku bangsa di Tanah Air ini. Untuk itu, BIN merangkul sejumlah kementerian dan instansi untuk membangun AMN,” ungkap Kepala BIN.

BIN juga menggandeng sejumlah pihak dalam melakukan pembinaan terhadap para mahasiswa penghuni AMN dalam mewujudkan generasi muda tangguh dan berwawasan Nusantara. [-red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *