Mengapresiasi Pemerintah Lahirkan Generasi Muda Unggul Melalui AMN

Oleh: Olivia Warouw )*

Pemerintah  memiliki komitmen sangat kuat untuk bisa melahirkan para generasi muda penerus bangsa yang mampu memiliki sikap penuh toleran. Upaya tersebut terwujud melalui pengadaan program Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang patut mendapatkan apresiasi tinggi.

Adanya AMN merupakan sebuah bentuk konkret dari bagaimana komitmen sangat kuat Pemerintah RI melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) yang patut mendapatkan apresiasi karena bisa melahirkan para generasi muda penerus bangsa yang memiliki sikap toleran dengan adanya perbedaan latar belakang.

Sikap toleran sendiri memang menjadi hal yang sangat penting untuk tertanam kepada masyarakat Indonesia, khususnya mereka para generasi muda penerus bangsa, karena di tangan mereka tongkat estafet keberlanjutan negara ini berada. Terlebih, memang Tanah Air sejatinya memiliki rakyat yang saling berbeda latar belakang antar satu sama lain dan sangat majemuk.

Karena begitu pentingnya penanaman sikap toleran kepada seluruh generasi muda penerus bangsa, maka Pemerintah RI kemudian mencanangkan adanya program unggulan strategis melalui inisiasi Badan Intelijen  Negara (BIN), yakni pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

Gedung megah dengan fasilitas lengkap tersebut terus membekali seluruh anak muda dengan semangat akan nilai toleransi sehingga mereka semua bisa bersatu, bersama-sama dalam membangun bangsa ini semakin maju ke depan.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyatakan bahwa memang tujuan utama dari pembangunan AMN sendiri untuk menjadi wadah dalam mempersatukan para generasi muda penerus bangsa.

Dengan adanya gedung itu, maka memungkinkan seluruh mahasiswa dari berbagai macam latar belakang seperti saling berbeda suku bangsa, bahasa, adat, budaya hingga agama sekalipun bisa saling bersatu padu secara kuat.

Apabila para generasi muda penerus bangsa ini sudah mampu menjunjung nilai dan sikap saling toleran satu sama lain di tengah adanya kemajemukan latar belakang yang luar biasa, maka akan mampu membentuk pemuda sebagai sumber daya manusia (SDM) masa depan negeri yang berkualitas, berintegritas dan juga memiliki karakter kebangsaan hebat.

Senada, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Steve HA Kepel menyampaikan bahwa dengan adanya Asrama Mahasiswa Nusantara, maka sejatinya program tersebut bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik semata.

Melainkan, jauh dari itu, adanya gedung AMN sendiri memang Pemerintah RI wujudkan melalui inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan untuk menciptakan sebuah lingkungan yang kondusif, khususnya bagi para anak muda untuk terus berkembang.

AMN merupakan sebuah wujud konkret bagaimana komitmen kuat Pemerintah RI terhadap keseriusan mengembangkan dan merealisasikan dorongan agar sumber daya manusia (SDM) muda bangsa lebih berkualitas.

Di dalam gedung itu, mereka bisa saling belajar, berkreasi dan juga berkolaborasi antar satu sama lain di tengah perbedaan dengan sikap penuh rasa toleransi. Karena memang tujuan utama dari adanya program tersebut agar mencetak para generasi penerus bangsa yang bisa saling berbagi dan belajar degan terus menjunjung tinggi rasa toleransi.

Menurut Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rusprita Putri Utami bahwa bangsa ini sangat memerlukan adanya ruang untuk memungkinkan para generasi muda bisa saling berinteraksi secara positif dengan sesamanya meski mereka memiliki latar belakang yang beragam.

Meski keberagaman latar belakang masyarakat di Indonesia ini merupakan keniscayaan yang pasti ada, namun pemerintah melalui AMN berupaya mendidik para penerus generasi bangsa agar mereka memandang kemajemukan bukan sebagai ajang pertarungan atau pertentangan.

Sebaliknya, justru dengan tinggal bersama dalam satu atap yang sama meski di tengah perbedaan, mereka bisa bertumbuh kembang bersama dengan kuat dan mampu saling mengenal antar satu sama lain, termasuk menghargai budaya masing-masing demi memperkuat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka tidak mengherankan mengapa para mahasiswa turut memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), terlebih dengan fasilitasnya yang sangat lengkap dan memadai bagi perkembangan mereka.

Dalam hal ini, Pemerintah RI melalui inisiasi Badan Intelijen Negara tidak hanya sekedar menyediakan tempat tinggal yang nyaman saja, namun juga sekaligus sebagai sarana untuk saling berkomunikasi dan memperkokoh persatuan generasi muda bangsa dari berbagai latar belakang yang saling berbeda.

Lantaran banyak sekali dampak atau manfaat positif dari keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara, menjadikan seluruh pihak turut memberikan apresiasi tinggi mereka. Terlebih, dari kalangan para pelajar sendiri penuh antusiasme dalam menyambut keberadaan program tersebut.

Program Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan bentuk komitmen sangat kuat Pemerintah RI melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) yang mampu melahirkan para generasi muda penerus bangsa yang penuh akan sikap atau rasa toleran. Keberadaan program ini tentunya perlu mendapat dukungan luas masyarakat, agar dapat melahirkan banyak generasi unggul calon pemimpin bangsa.

)* Mahasiswa Manado Tinggal di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *