Kemlu RI: Indonesia Berkomitmen Perkuat Kerja Sama Strategis dengan Afrika

Bali – Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI, Siti Nugraha Mauludiah mengatakan Forum Indonesia-Afrika (IAF) merupakan forum yang strategis bagi Indonesia untuk menunjukkan peran dan kepemimpinannya di Afrika.

“Forum IAF ini juga semakin mengukuhkan bahwa semangat Bandung (Bandung Spirit) KAA 1955 masih terus relevan dalam menggalang solidaritas bantuan pembangunan untuk mendukung tujuan pembangunan Afrika Tahun 2063,” kata Mauludiah.

Menurutnya, negara-negara di kawasan Afrika secara umum merupakan negara pasca-konflik ataupun masih mengalami konflik sehingga memiliki kerentanan, baik dari aspek politik maupun ekonomi. Tantangan pembangunan dan ekonomi yang dihadapi oleh kawasan Afrika juga akan berdampak pada tercapainya tujuan pembangunan global.

“Indonesia berkomitmen memperkuat kerja sama pembangunan dengan Afrika guna meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian di kawasan tersebut. Terutama untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada 2030 dan dapat berkontribusi terhadap pencapaian Agenda Afrika 2063,” ujarnya.

Mauludiah juga menekankan bahwa dalam upaya mewujudkan kedua tujuan pembangunan tersebut, Indonesia dan negara-negara di Afrika akan berupaya untuk merancang kebijakan kerja sama dengan prinsip demand-driven dalam pemberian hibah Pemerintah Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan di kawasan Afrika.

“Ini membuktikan bahwa Indonesia benar-benar ingin memastikan bahwa bantuan yang diberikan untuk kawasan Afrika tersebut bermanfaat (meaningful) dan berdampak (impactful), bermanfaat dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di Afrika,” katanya.

Ditambahkan Mauludiah bahwa negara-negara di Afrika dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi mitra strategis Indonesia dalam hal kerja sama ekonomi dan perdagangan. Diharapkan kerja sama ini dapat semakin memperkuat kolaborasi Indonesia dengan kawasan Afrika sehingga berdampak positif bagi kemakmuran bersama.

“Negara-negara Afrika memiliki potensi besar menjadi mitra strategis Indonesia dalam hal kerja sama ekonomi dan perdagangan. Kerja sama ini dapat memperkuat kolaborasi Indonesia dengan kawasan Afrika sehingga berdampak positif bagi kemakmuran bersama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *