HLF MSP dan IAF 2024 Perkuat Diplomasi Indonesia di Panggung Global

Bali – Indonesia terus meningkatkan peran dan posisinya di kancah internasional. Selama satu dekade terakhir, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menyelenggarakan berbagai acara internasional yang mempengaruhi kebijakan global.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat membuka Joint Leaders’ Session High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 2024, Bali, mengatakan pentingnya peran semua pihak untuk menciptakan perubahan positif di tengah dunia yang penuh dengan tantangan

“Baik tantangan perlambatan ekonomi dan tingkat pengangguran dan inflasi yang belum membaik serta ketegangan geopolitik yang terus berlanjut yang telah menimbulkan banyak korban jiwa dan mengganggu rantai pasok global,” tutur Jokkowi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan harapannya bahwa High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 yang digelar di Bali sejak 1—3 September 2024 menjadi bagian penting dari jejak sejarah bangsa Indonesia.

“Selama sepuluh tahun ini, Indonesia telah menjadi sorotan dunia dalam berbagai forum internasional. Kami berharap HLF MSP dan IAF ke-2 ini akan meninggalkan kesan mendalam dan positif, sejalan dengan jejak sejarah panjang yang kita miliki, termasuk sebagai penggagas Konferensi Asia-Afrika tahun 1955,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Media Center HLF MSP dan IAF ke-2 di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung.

Indonesia berperan aktif dalam setiap forum internasional seperti HLF-MSP dan IAF, tidak hanya sebagai tuan rumah. Lebih dari itu, menurut Menkominfo, Pemerintah Indonesia telah menjadi pendorong utama dalam membangun kerja sama yang saling menguntungkan, terutama dengan negara-negara di Afrika.

“Indonesia dan Afrika memiliki sejarah panjang dalam perjuangan bersama untuk kemerdekaan. Kini kita bersama-sama menghadapi tantangan global untuk mencapai kemajuan bersama,” tuturnya.

Menurut Menkominfo lewat berbagai forum internasional, Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen memfasilitasi dialog global yang membangun dan memperkuat kerja sama di berbagai bidang.

“Forum seperti HLF-MSP dan IAF menjadi bukti nyata bagaimana Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi memainkan peran kunci dalam mempererat hubungan antar negara dan mendorong terciptanya kerja sama yang saling menguntungkan,” jelas Menkominfo.

Secara khusus, berkaitan dengan IAF, Menteri Budi Arie mengingatkan peran Indonesia sebagai penggagas Konferensi Asia Afrika di tahun 1955.

Seluruh pihak diharapkan agar berpartisipasi aktif dalam menyukseskan HLF-MSP dan IAF ke-2 ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mewujudkan dunia yang lebih sejahtera dan damai. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *