Buka ISF 2024, Presiden Jokowi : Indonesia Siap Bermitra Untuk Maksimalkan Ekonomi Hijau

Jakarta – Presiden Jokowi secara resmi membuka Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (5/9).

Dalam pembukaan forum tersebut, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh negara untuk bekerja sama dalam menangani isu-isu lingkungan yang semakin mendesak.

Mulanya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya kolaborasi global untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Perubahan iklim tidak akan terselesaikan jika dunia masih menggunakan pendekatan ekonomi yang hanya menghitung keuntungan dan mementingkan ego masing-masing negara.” Terang Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya kerja sama tanpa mengorbankan kepentingan rakyat.

“Penyelesaian masalah ini membutuhkan pendekatan kolaboratif dan berperikemanusiaan, antara negara maju dan berkembang, tanpa mengorbankan kepentingan rakyat.” Terang Presiden Jokowi.

Karena itu, Presiden menekankan pentingnya kolaborasi antara negara maju dan negara berkembang.

“Kemajuan dalam penanganan perubahan iklim sulit dicapai jika negara maju tidak berinvestasi, riset dan teknologi tidak terbuka, dan pendanaan tidak disediakan dalam skema yang meringankan negara berkembang.” tambah Presiden Jokowi.

Kepala Negara melanjutkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menciptakan dekarbonisasi.

“Indonesia berkomitmen untuk mencapai net-zero emission dan berkontribusi bagi dunia, dengan potensi energi terbarukan yang melimpah, seperti PLTS apung di Waduk Cirata dan hutan mangrove terbesar di dunia.”

Dirinya mengungkapkan bahwa Indonesia akan siap untuk berkolaborasi untuk memaksimalkan potensi energi hijau.

“Indonesia terbuka untuk bermitra dengan siapapun untuk memaksimalkan potensi energi hijau, mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.” Imbuh Presiden Jokowi.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ISF merupakan forum yang sangat relevan terhadap isu-isu keberlanjutan.

“Forum ini sangat relevan dengan kondisi global saat ini terkait isu keberlanjutan.” terang Luhut.

Ia juga menjelaskan bahwa ISF akan membahas beragam isu seputar keberlanjutan guna membahas tantangan perubahan iklim.

“ISF 2024 bukan hanya membahas tantangan krisis iklim, tetapi juga menjadi platform untuk inovasi, kolaborasi, dan harapan.” Ungkapnya.

Menurut Menko Marves, Indonesia juga Indonesia berkomitmen dalam pembangunan berkelanjutan.

Pembukaan ISF 2024 berlangsung meriah yang turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dan para pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *