AMN Program Strategis Pemerintah untuk Tingkatkan Kualitas SDM Bangsa

MANADO — Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan program strategis dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda bangsa.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah mengungkapkan bahwa tujuan pembangunan AMN yakni sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Sehingga, para pemuda yang berasal dari beragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta berbagai perguruan tinggi mampu tinggal dalam satu atap yang sama.

Mereka semua dalam wadah AMN untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berintegritas dan berkarakter kebangsaan.

Ir. Essy juga mengungkapkan bahwa progres pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado terus berjalan.

Dirinya pun terus mendorong pihak kontraktor untuk memastikan akan progres pembangunan tersebut.

“Pihak kontraktor agar membuat ceklis pekerjaan tiap minggunya” ungkap Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR itu.

Senada, Kasubdit Wilayah II Direktorat Prasarana Strategis Kementerian PUPR, Endra Bekti juga menyatakan bahwa pembangunan seluruh fasilitas AMN Manado terus berproses.

Saat ini, pemerintah bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan akan terwujudnya gedung bagi program strategis untuk pengembangan SDM muda masyarakat itu.

“Pembangunan seluruh fasilitas Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado terus berproses,” kata Endra.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Steve HA Kepel memberikan apresiasi tinggi pada seluruh pihak atas terealisasinya AMN Manado.

Menurutnya, dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder menjadi pondasi kokoh bagi kesuksesan pembangunan.

Steve menilai bahwa pembangunan AMN Manado bukan hanya sekedar bangunan fisik saja, namun sebagai komitmen kuat pemerintah melalui program strategisnya untuk pengembangan SDM masyarakat.

“Pembangunan AMN Manado bukan sekadar bangunan fisik semata tapi simbol komitmen kita terhadap pembangunan sumber daya manusia,” katanya.

“Melalui asrama ini kita menciptakan lingkungan kondusif bagi mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk belajar, berkreasi, dan berkolaborasi khususnya yang berada di Sulawesi Utara,” tambah Gubernur Sulut melalui Sekdaprov Steve HA Kepel.

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *