AMN Datangkan Banyak Manfaat untuk Pemuda Tempuh Pendidikan Tinggi

: Oleh: Januar Dominicus,

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) mendatangkan banyak sekali manfaat untuk para pemuda sehingga mereka bisa menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas dengan beragam fasilitas lengkap untuk menunjang peningkatan kemampuan mereka di berbagai bidang.

Karena mendatangkan banyak sekali manfaat untuk para pemuda dalam menempuh pendidikan tinggi tersebut, maka menjadi tidak heran mengapa Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Sejauh ini, salah satu hal yang penting bagi kemajuan bangsa dan negara, yakni terletak pada kualitas sumber daya manusia (SDM) mudanya, sedangkan untuk mewujudkan para pemuda yang berkualitas, maka pendidikan adalah kuncinya.

Oleh karena itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN), menggencarkan percepatan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sehingga dengan keberadaan program strategis tersebut memungkinkan akses pendidikan tinggi sangat merata bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung penuh adanya pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara. Menurutnya, keberadaan program tersebut dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi para mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Lestari Moerdijat menilai bahwa dengan adanya upaya pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pada akses pendidikan secara merata bagi seluruh penerus generasi bangsa di Tanah Air, jelas mampu mendorong peningkatan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat di Indonesia.

Pendidikan yang merata bagi seluruh rakyat mampu mengatasi segala permasalahan yang ada pada tatanan masyarakat, yang mana apabila pemerintah menggencarkan upaya tersebut, sama saja bagian dari melakukan pemenuhan amanah konstitusi.

Oleh karena itu, dengan adanya Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), maka dapat menjadi program bagi penyaluran beasiswa secara jauh lebih merata dan tepat sasaran demi menekan angka kesenjangan akses pendidikan tadi.

Upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan akan akses pendidikan secara merata bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut hingga ke pendidikan tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Terlebih, sektor pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena menjadi pondasi utama bagi kemajuan sebuah negara. Pemerintah juga sangat menyadari betapa penting dan perlunya upaya konkret untuk mengatasi kesenjangan akses pendidikan tersebut.

Sehingga, pemerintah menerapkan beberapa langkah, termasuk Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan juga pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang akan tersebar di berbagai lokasi setelah sukses di Kota Pahlawan Surabaya, kemudian di Manado, dan nantinya akan menyebar hingga ke Makassar, Yogyakarta, Jakarta dan Malang.

Dengan adanya bantuan pendidikan dari Pemerintah melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut lewat keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara, menjadikan seluruh generasi muda yang memiliki potensi akademik luar biasa sudah tidak perlu khawatir lagi akan terhalang oleh keterbatasan ekonomi.

Lebih lanjut, program AMN sendiri berbeda dengan keberlakuan program pendidikan lainnya, lantaran pada program ini sangat menekankan pada aspek inklusivitas dan kesetaraan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat di Indonesia dari berbagai latar belakang tanpa membedakan sama sekali.

Lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu memastikan bahwa inisiasi AMN menjadikan semua individu generasi muda yang memiliki potensi terpendam luar biasa dapat mewujudkan impian mereka untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa terhambat sedikit pun oleh kondisi ekonomi keluarganya.

Program ini bukan hanya mendukung pengembangan potensi individu saja, melainkan juga sangat berperan dalam menciptakan kesempatan yang setara bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengejar pendidikan yang berkualitas.

Tujuan keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara, selain menjadi wadah bagi para mahasiswa dari beragam latar belakang untuk tinggal bersama meski di tengah perbedaan, namun juga meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial mereka sehingga bisa terus melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Bukan sekedar memfasilitasi secara lengkap adanya akses ke sektor pendidikan tinggi, namun juga memberikan dukungan secara konkret dalam menanggulangi hambatan finansial yang seringkali justru menjadi penghalang bagi adanya potensi akademik mahasiswa dari latar belakang ekonomi yang terbatas.

Karena banyak sekali manfaat dalam dunia pendidikan tersebut, tidak mengherankan jika Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado,Prof. Dr. Ir. Grevo Soleman Gerung kemudian memberikan dukungan penuhnya atas terwujudnya AMN.

Selain mendukung, namun pihak Unsrat juga telah menyiapkan program kuliah berupa kampus merdeka melalui pemanfaatan 58 hektare lahan, yang nantinya puluhan hektar tersebut akan digunakan oleh para mahasiswa AMN untuk mengembangkan pertanian, peternakan, perikanan dan beragam hal lainnya.

AMN sangat mendatangkan banyak sekali manfaat positif untuk para pemuda penerus generasi bangsa dalam menempuh pendidikan tinggi tanpa adanya hambatan apapun, utamanya dari segi finansial, sehingga menjadikan kualitas sumber daya manusia (SDM) ikut terangkat.

)* Kontributor Digital Literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *