AMANAH Wadahi Generasi Muda Peminat Bidang Robotik Semakin Berkembang

ACEH — AMANAH mewadahi seluruh generasi muda peminat di bidang robotik untuk bisa semakin berkembang.

Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) menggelar Robotic Competition di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh.

Salah seorang guru, Nova Sela Meilestari menilai bahwa kegiatan AMANAH tersebut sangat menginspirasi generasi muda untuk semakin melek digital.

Dengan adanya kegiatan dari program inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut, menjadikan anak-anak tidak sekedar sebagai konsumen saja, namun bisa memproduksi sesuatu.

“Setelah mendengar sosialisasi AMANAH Robotic Competition ini, sangat menginspirasi karena anak-anak zaman sekarang sudah harus melek digital,” katanya.

“Anak-anak sekarang bukan hanya sebagai konsumen tetapi harus menjadi orang yang memproduksi,” tambah Nova.

Para pelajar di Banda Aceh sejatinya memiliki minat yang besar di bidang robotik, sehingga antusiasme mereka sangat terlihat tatkala mengikuti kegiatan AMANAH.

Menurut M Zakky Siregar, salah satu siswa kelas X bahwa dirinya sangat ingin mengikuti kegiatan kompetisi robotik tersebut.

“Peragaan tadi itu sangat seru. Saya sampai ingin mengikutinya (membuat robot sendiri),” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya dengan kegiatan AMANAH itu memungkinkan pelajar sepertinya untuk terus berkembang dan memproduksi sesuatu yang sebelumnya berlum pernah mereka buat.

“Saya ingin (ikut lomba robotic) karena saya ingin membuat (robot) yang belum pernah saya buat,” kata Zakky.

Sebagai informasi, bahwa AMANAH Robotic Competition akan berlangsung di Lapangan Tugu USK Banda Aceh, pada 11 Agustus 2024.

Perlombaan itu terbuka untuk para pelajar SMP hingga SMA di seluruh Provinsi Aceh dengan 2 jenis lomba yakni karya tulis ilmiah dan pembuatan robot.

Terkait upaya mendorong generasi muda semakin melek pada dunia digital dan mengikuti perkembangan teknologi, AMANAH juga membuat pelatihan pada para pelaku perusahaan rintisan (startup).

Dengan adanya pelatihan startup tersebut menjadikan para anak muda setempat bisa mendapatkan banyak pelajaran bermanfaat bagi pengembangan usaha mereka.

“Dapat insights yang cukup banyak dari mentor-mentor untuk kebaikan dan improve startup kami kedepannya,” kata seorang peserta, Masya Pratiwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *