AMANAH Jadi Wadah Tampung Ide UMKM Hingga Lahirkan Berbagai Produk Unggulan

Oleh: Cut Mutia*

Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) menjadi wadah untuk menampung seluruh ide pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga mereka mampu melahirkan berbagai macam produk unggulan yang berkualitas tinggi.

Adanya wadah untuk menampung berbagai ide dan potensi yang UMKM daerah miliki sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, dengan demikian menjadikan para pelaku usaha lokal bisa lebih berkembang dengan memanfaatkan seluruh kekayaan alam sekitarnya.

Selain itu, apabila terdapat suatu lembaga yang mampu menampung ide dari para pelaku UMKM seperti AMANAH, maka juga akan menjadikan lebih berkembangnya produk lokal khas daerah untuk meningkatkan perekonomian wilayah setempat.

Dalam acara Pesta Rakyat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, AMANAH memamerkan seluruh produk dari UMKM binaannya. Salah satu pihak yang turut berperan dalam kegiatan tersebut yakni Gula Joek Aceh.

Co-Founder Gula Joek Aceh, Hana Abelia Putri mengatakan bahwa sejatinya para pelaku UMKM sepertinya sangat membutuhkan adanya wadah yang dapat menampung seluruh ide untuk membantu lebih mengembangkan usahanya.

Berkat binaan dari program strategis Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) itu, mampu semakin meningkatkan pengathuan dan kapasitas para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam berwirausaha.

Bukti konkret dari keberhasilan binaan AMANAH kepada para pelaku UMKM, yakni menjadikan produk Gula Joek Aceh mampu terjual hingga ke Makassar dan kerap mengikuti berbagai expo tingkat nasional.

Pemasaran produk unggulan lokal milik pelaku UMKM itu bukan tidak mungkin akan jauh lebih luas lagi, yang mana seluruhnya brkat binaan dan bimbingan dari AMANAH.

Ternyata, keberhasilan AMANAH dalam membina para pelaku UMKM hingga mereka bisa membuat produk unggulan mendapatkan apresiasi masyarakat setempat. Terbukti bahwa di lokasi pameran, tenda UMKM AMANAH mendapatkan banyak kunjungan dari warga sekitar.

Tidak hanya Gula Joek Aceh saja, namun para pengunjung juga bisa membeli produk UMKM unggulan dari binaan AMANAH lainnya seperti dari sektor kuliner, fashion, kriya hingga produk body care dan healthy care.

Berbagai produk tersebut seperti Berpala, Cilfood, Na Craft Aceh, Cachanda, Semprong Aceh, Aliya Cake, Troe Thad, Mpokdi, Nyakmi, TSR Coffee, Lasefa, Rajut Lova, Krintang, WHY.U, Mona Gallery Souvenir, Kedai Kaos Aceh, Nakusuka, Putroe Food dan Mozaik.

Kemudian, ada Nozy, Kalila VCO, Parfum Amanah, Inovac, Ceecay, Atsirina, All In Signature, DJ Cake n Cookies, Emping Meutuwah, Alika Mecca, Dhians Strap, Wonder Meal, Yasmeen Herbs Milk Tea dan ND Natural.

Upaya AYCH atau AMANAH untuk membina para pelaku UMKM adalah juga dengan terus bekerja sama dan menggandeng universitas setempat. Koordinator Daerah (Korda) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara melalui Bendahara Daerah BEM Nusantara, M. Arif mengatakan bahwa kegiatan yang AMANAH gelar menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan para pelaku UMKM dan semakin menyadarkan generasi muda betapa pentingnya peranan pewirausaha menjadi salah satu penekan inflasi di Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam kegiatan positif dari program inisiasi BIN tersebut, maka bukan tidak mungkin dapat semakin membangkitkan UMKM yang berada di wilayah berjuluk Tanah Rencong itu.

Secara perlahan, perubahan pola pikir atau mindset juga mulai terjadi di kalangan generasi muda, khususnya para mahasiswa berkat AMANAH. Kini, mereka sudah mulai berpikir bahwa tidak melulu harus mencari pekerjaan setelah kuliah, namun ke depannya mulai untuk justru menciptakan lapangan kerja.

AMANAH tidak hanya mampu mengangkat potensi ekonomi lokal dari produk unggulan UMKM saja, namun mampu membuka peluang bagi para generasi muda untuk lebih berkembang sebagai seorang entrepreneur.

Ke depannya, dengan adanya bimbingan intensif dari AMANAH, maka akan menjadikan berbagai produk unggulan milik UMKM itu bisa semakin terkenal bahkan menembus kancah nasional hingga internasional.

Acara pameran produk unggulan binaan AMANAH bertujuan untuk semakin memperkenalkan dan mempromosikan bagaimana produk kreatif serta inovatif dari para pelaku UMKM binaan mereka ke kancah lebih tinggi.

Influencer Aceh, Syakir Daulay memberikan apresiasi sangat tinggi atas adanya gelaran pameran tersebut karena merupakan salah satu upaya strategis untuk terus mendukung dan mempromosikan UMKM lokal ke pasar lebih luas.

AMANAH menjadi wadah yang mampu menampung seluruh ide serta potensi luar biasa yang selama ini tersimpan dari para pelaku UMKM, sehingga hasilnya mereka mampu melahirkan berbagai macam produk unggulan lokal dengan kualitas tinggi.

*) *) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh Fakultas Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *