AMANAH Gelar Seminar Peningkatan UMKM Kolaborasi Dengan Lembaga Pendidikan

Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh (Unimal) bekerja sama dengan Lembaga Anak Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) menggelar seminar bertema “Mahasiswa Sebagai Motor Penggerak UMKM: Dari Ide ke Implementasi” di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Minggu (1/9/2024). Seminar ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk lebih aktif terlibat dalam dunia kewirausahaan, khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIPOL Unimal, Zulhery, menekankan pentingnya sinergi antara BEM dan Lembaga Amanah dalam mendukung pengembangan potensi mahasiswa. “Kami berkomitmen untuk terus memfasilitasi kegiatan yang membangun potensi dan keterampilan mahasiswa, terutama di sektor UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa,” ujarnya.

Ia juga berharap acara ini dapat memperluas wawasan mahasiswa mengenai peran strategis yang bisa diambil dalam pengembangan UMKM. Menurutnya, mahasiswa memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak utama dalam memperkuat UMKM. “Saya berharap melalui acara ini, kita semua dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang peran strategis yang dapat kita ambil dalam pengembangan UMKM,” tambah Zulhery.

Sementara itu, Dekan Fakultas FISIPOL Unimal, Teuku Zulkarnaen Ph.D, yang diwakili oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Subhani M.Si, menyampaikan bahwa mahasiswa memiliki peran penting sebagai agen perubahan. “Melalui seminar ini, kita berharap mahasiswa tidak hanya mampu menciptakan ide-ide kreatif, tetapi juga bisa mengimplementasikan ide tersebut untuk membangun UMKM yang kuat dan berdaya saing,” jelas Subhani.

Kegiatan seminar ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih berani mengambil langkah konkret dalam mengembangkan ide-ide kewirausahaan. Sinergi antara mahasiswa, universitas, dan lembaga seperti Amanah diharapkan dapat memperkuat ekosistem UMKM di Aceh, sehingga dapat berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian daerah dan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *