AMANAH Galakkan Gotong Royong dengan Pemuda untuk Pembersihan dan Daur Ulang Sampah

Aceh — Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) menggalakkan upaya gotong royong dengan para pemuda setempat untuk melakukan pembersihan dan daur ulang sampah.

Sebanyak ratusan warga turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih Pantai Ladong di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar pada Sabtu (3/8).

Dengan adanya aksi AMANAH beserta para pemuda tersebut, berhasil mengumpulkan hingga ratusan kilogram sampah organik dan non-organik.

Kegiatan bersih sampah yang AMANAH gagas turut melibatkan sejumlah partisipan seperti pelajar SMPN 3 Mesjid Saya, mahasiswa dan dosen Universitas Syiah Kuala (USK), perusahaan rintisan (startup) dan beberapa komunitas pecinta lingkungan.

Direktur Bank Sampah USK, Ir. Rama Herawati mengaku bahwa acara tersebut merepresentasikan semangat gotong royong.

“Acaranya kita gotong royong di pantai membersihkan sampah-sampah dalam keadaan terpilah. Karena, semua sampah ini akan kita bawa ke tempatnya masing-masing untuk di-recycle,” katanya.

Bukan hanya melakukan aksi bersih-bersih, namun AMANAH juga memberikan edukasi kepada seluruh partisipan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Besar, Muwardi menjelaskan bahwa pihaknya bersama dengan Lembaga inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut terus menggencarkan pembersihan di tempat umum.

Pasalnya, pembersihan sampah juga dalam rangka untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 20 September mendatang sekaligus menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

“Saat ini pihaknya sedang gencar melakukan pembersihan tempat-tempat umum, seperti trotoar/badan jalan, tempat ibadah dan lokasi wisata yang dipastikan banyak dikunjungi kontingen dari luar daerah saat PON berlangsung di Aceh,” ucap Muwardi.

“Khusus Aceh besar yang juga dapat jatah sejumlah venue untuk gelar pertandingan event dimaksud,” tambahnya.

“Kita bekerjasama dengan lembaga AMANAH dan komunikasi cinta lingkungan melakukan pembersihan kawasan pantai Ladong,” ungkap Kepala DLH Aceh Besar tersebut.

Selanjutnya, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan LB3 Aceh Besar, Mulyadi mengatakan bahwa pihak DLH juga mendukung fasilitas mobil dan becak motor pada kegiatan bersih pantai untuk mengangkut limbah.

“Kita juga mendukung armada pengangkut limbah, dan kegiatan bersih Pantai di Ladong terlaksana sukses dengan partisipasi komunitas cinta lingkungan dan Lembaga AMANAH,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *