AMANAH Fasilitasi Kreativitas dan Inovasi Pemuda untuk Dorong Peluang Karir

Oleh : Cut Meyriska )*

Youth Creative Hub Aceh (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) memberikan fasilitas yang lengkap dan modern untuk menunjang peningkatan kreativitas dan juga inovasi dari para pemuda demi mendorong peluang karir masa depan mereka.

Tentunya dengan terjadinya peningkatan pada aspek kreativitas dan juga inovasi, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menjadikan prospek atau peluang karir masa depan bagi para pemuda terbuka lebih lebar lagi.

Sehingga menjadikan aspek kreativitas dan juga inovasi di kalangan pemuda adalah hal yang sangat penting, namun sayangnya masih tidak banyak pihak yang mampu memberikan fasilitas dan wadah tepat. Untuk itu, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) kemudian menghadirkan AMANAH.

Program unggulan strategis dari pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum muda itu tidak henti-hentinya terus menyelenggarakan kegiatan atau acara yang sangat banyak sekali mendatangkan manfaat secara positif.

Baru-baru ini, Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) berkolaborasi dengan Komunitas Kanot Bu untuk mengadakan pameran seni visual bertajuk ‘Pameran AMANAH HOPE 2024’ yang bertempat di Museum Tsunami Aceh.

Pemilihan tema pameran tersebut, yakni ‘Hope’ memang bertujuan untuk menggambarkan harapan dan optimisme seluruh anak muda dari Aceh demi masa depan daerah mereka. Menurut salah satu juri dari Laboratorium Seni Acehrakitan, Iskandar bin Ishak bahwa pelaksanaan acara itu mampu meningkatkan kepercayaan diri para generasi muda, khususnya di bidang karya seni.

Bukan hanya meningkatkan kepercayaan diri para anak muda saja, namun sekaligus AMANAH juga memberikan wadah atau platform untuk pemuda mampu menampilkan beragam karya yang mereka miliki.

Selain itu, adanya pameran tersebut juga semakin mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi, serta mampu membuka peluang karir baru untuk generasi muda, khususnya di bidang seni visual.

Sementara itu, Ria Agustini (31) selaku salah satu pemenang dalam kegiatan pameran tersebut menyampaikan rasa syukurnya yang sangat tinggi dan mengapresiasi AMANAH. Menurutnya, kegiatan itu mampu menghadirkan inspirasi bagi para generasi muda untuk semakin terlinat dalam seni dan budaya lokal mereka.

Tidak hanya itu, namun dengan acara demikian juga mampu meningkatkan kesadaran dan menjadikan para anak muda setempat semakin mengapresiasi serta mengenal lebih jauh terhadap nilai-nilai lokal yang berada di wilayah berjuluk Negeri Rencong itu.

Berbagai macam acara atau kegiatan yang AMANAH lakukan selalu mendatangkan dampak yang sangat positif dan terus menghadirkan penerimaan serta antusiasme yang sangat luar biasa dari masyarakat.

AMANAH terus brhasil menjadi wadah bagi para anak muda Aceh untuk mengekspresikan diri mereka dengan seotentik mungkin, termasuk berekspresi dalam perasaan dan pandangan melalui karya yang luar biasa.

Dorongan tersebut adalah sesuatu yang sangat penting karena mendukung penuh perkembangan pribadi dan sosial para anak muda setempat. Sehingga keberadaan gedung megah tersebut membawa angin segar bagi penerus generasi bangsa.

Oleh karenanya, pelaksanaan AMANAH HOPE 2024 sendiri merupakan sebuah simbol yang nyata bagi bangkitnya harapan dan semangat baru bagi anak muda Aceh dalam meraih masa depan yang jauh lebih cerah.

Berkaitan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong terbuka peluang karir masa depan bagi para anak muda, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa pemerintah terus membuka pintu untuk terjadinya kolaborasi dengan pihak swasta dalam industri tersebut.

Dalam industri kreatif sendiri, setidaknya terdapat 3 sektor yang perlu banyak mendapatkan bantuan yakni pelatihan, pemasaran dan juga permodalan. Sedangkan untuk posisi AMANAH sendiri adalah berada pada upaya pelatihan hingga pemasaran.

Dengan adanya Youth Creative Hub Aceh (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH), hendaknya mampu menghadirkan kreasi serta inovasi dalam memajukan ekonomi daerah yang juga berdampak pada kemajuan ekonomi nasional.

Program binaan sekaligus inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut terus menghadirkan peningkatan keahlian (skill), pengetahuan hingga pemasaran dalam meningkatkan sektor usaha ekonomi kreatif sehingga mampu juga ,meningkatkan kelas dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat dan menjadi binaan AMANAH.

Terdapat berbagai macam subsektor yang terus mengalami bimbingan untuk meningkat, seperti kuliner, kriya, fashion, dan lain sebagainya. Lewat program unggulan strategis itu, tentunya menjadi upaya dan sekaligus komitmen sangat kuat dari pemerintah untuk menjadikan ekonomi kreatif, khususnya para pelaku UMKM bisa naik kelas dan semakin mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi hingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) memberikan fasilitas yang sangat lengkap dan juga modern untuk berkembangnya kreativitas dan juga inovasi bagi seluruh pemuda untuk mendorong terbuka lebarnya peluang karir bagi mereka.

*) Mahasiswa Aceh tinggal di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *