Ajang Barista Champ AMANAH Jadi Batu Loncatan Pemuda Daerah Bersaing hingga Kancah Dunia

Oleh : Teuku Reza )*

Ajang Barista Champ Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu menjadi sebuah batu loncatan bagi para pemuda daerah setempat untuk terus bersaing hingga menembus kancah nasional bahkan dunia internasional.

Karena dengan adanya ajang Barista Champ AMANAH tersebut, menjadikan para pemuda daerah memiliki kapasitas dan daya saing yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya sehingga bukan tidak mungkin semakin mempersiapkan mereka untuk bisa bersaing ke level yang lebih tinggi bahkan hingga kancah dunia.

Sejauh ini, memang Pemerintah Republik Indonesia (RI) memiliki program unggulan strategis dalam rangka peningkatan kapastias sumber daya manusia (SDM) muda dan juga melakukan pemberdayaan melalui Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat dengan inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN). Oleh karena itu, banyak kegiatan positif dalam program tersebut, salah satunya adalah Barista Champ yang mampu menjadi batu loncatan bagi para pemuda daerah.

Pelaksanaan Aceh Barista Champ 2024 gagasan Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat yang berlangsung di Taman Budaya, Banda Aceh kini melahirkan seorang juara bernama Diki Firdaus, yang mana dia merupakan seorang peracik kopi asal Lhokseumawe.

Keberhasilan lahirnya seorang Barista yang sangat handal, menurut Kepala Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas (BPVP) Banda Aceh, Rahmad Faisal bahwa ajang tersebut bisa menjadi batu loncatan bagi para peserta asal wilayah berjuluk Negeri Rencong itu.

Event tersebut merupakan sebuah acara yang sangat luar biasa bagi anak muda setempat, bertujuan untuk melahirkan para barista Aceh yang bisa bersaing hingga ke beragam ajang bahkan tingkat nasional maupun internasional.

Berbagai macam kegiatan yang AMANAH laksanakan memang selama ini terbukti secara nyata selalu menimbulkan dampak yang signifikan dan positif bagi masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) muda setempat.

Oleh karena itu, lantaran beragam kegiatan yang terwujud melalui program strategis unggulan Pemerintah Republik Indonesia (RI) tersebut melalui Badan Intelijen Negara (BIN) mampu terus mewujudkan dampak positif, maka sudah barang tentu hendaknya mendapatkan dukungan penuh dari para pemangku kebijakan di Aceh agar bisa terus berlanjut ke depannya.

Selama ini, sebenarnya sudah banyak berbagai macam bentuk kegiatan yang berlangsung di wilayah berjuluk Serambi Mekkah tersebut, namun sayangnya masih saja mengalami stagnansi dan tidak terjadi keberlanjutan.

Namun, berbeda dengan bagaimana beragam ide inovatif serta kreatif dari AMANAH, yang menjadikan para anak muda setempat bisa berkesempatan lebar untuk mengikuti berbagai macam event lainnya hingga tingkat nasional bahkan sampai internasional.

Bagaimana perkembangan sangat pesat kemampuan dan kapasitas dari para peserta Aceh Barista Champ 2024 turut mendapatkan pujian dari Juara Indonesia Barista Championship 2018, Muhammad Aga yang menilai bahwa selama ini kualitas mereka menunjukkan peningkatan yang positif, terlebih akan bersumbangsih pada besarnya industri kopi di Aceh ke depannya.

Sebenarnya para barista lokal memiliki potensi yang sangat tinggi, namun selama ini masih belum ada program atau lembaga yang mampu memfasilitasi mereka secara memadai, sebelum kini ada AMANAH yang menunjang semua kemampuan para peracik kopi itu dengan sangat maksimal.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan fasilitas yang Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat berikan bukan hanya sekedar terbatas pada peralatan dan tempat, namun juga pada kegiatan seperti pelatihan hingga adanya kompetisi barista.

Dalam kompetisi itu, memungkinkan seluruh peserta untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam membuat minuman berbahan kopi. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menyajikan serta mempresentasikan karyanya di hadapan para juri dan penonton.

AMANAH juga memberikan pelatihan dalam coaching clinic beberapa hari sebelum kompetisi. Dalam didikan itu, para peserta mendapatkan beragam materi seperti public speaking dan juga bagaimana caranya untuk mengoperasikan mesin kopi.

Dengan adanya berbagai macam pelatihan dari AMANAH, nyatanya terbukti sangat mendukung penampilan para peserta dalam menjalani kompetisi, sehingga mereka bukan hanya berkapasitas untuk menyajikan minuman yang berkualitas, namun mampu mempresentasikannya secara menarik dan berkarakter.

Direktur Kompetisi, Teuku Ghufran Wafi menjelaskan bahwa dalam pelatihan, mereka semua mendapatkan berbagai macam bekal yang sangat bermanfaat. Dia mengungkapkan bahwa para pemuda Aceh memiliki bakat luar biasa dan pengetahuan mereka dalam dunia perkopian pun tidak main-main.

Seluruh generasi muda daerah itu sudah siap untuk mampu bersaing bahkan pada tingkat nasional dan internasional, terlebih setelah mereka semua menjalani pelatihan khusus dari AMANAH secara sangat profesional.

Adanya para barista yang berkualitas di Aceh sebenarnya akan semakin mengangkat citra positif wilayah tersebut, selain itu juga produk kopi khas Negeri Rencong akan turut terangkat hingga level dunia.

Berkat adanya ajang Barista Champ dari AMANAH, maka menjadikan para pemuda daerah memiliki batu loncatan untuk bisa berkembang ke kancah yang lebih luas sehingga memungkinkan mereka untuk bersaing bahkan pada taraf nasional hingga ke dunia internasional.

)* Penulis adalah mahasiswa STKIP An-Nur Nanggroe Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *