Respons Positif Pemuda Buktikan Program Olahraga AMANAH Hasilkan Manfaat Nyata

Oleh : Ramzi Harli )*

Respons positif para pemuda membuktikan bahwa memang program olahraga gelaran Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) benar-benar menghasilkan banyak manfaat secara nyata yang bisa masyarakat rasakan secara langsung.

Memang, AMANAH sendiri merupakan salah satu program unggulan strategis Pemerintah Republik Indonesia (RI), khususnya pada bidang pemberdayaan minat dan bakat serta potensi hingga kualitas sumber daya manusia (SDM) muda masyarakat agar lebih berkembang di berbagai sektor, salah satunya yakni bidang olahraga.

Karena menjadi program unggulan strategis pemerintah melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN), maka keberlangsungan kegiatan tersebut benar-benar harus mampu mendatangkan hasil dan manfaat positif yang nyata bagi masyarakat setempat, khususnya bagi para pemuda.

Salah satu upaya untuk menggali potensi serta minat dan bakat para pelajar dalam bidang olahraga dari Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat, yakni dengan menggelar Turnamen Futsal dan Bola Basket dalam AMANAH Cup 2024.

Pada ajang tersebut, terdapat sebanyak puluhan tim dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari berbagai daerah di Provinsi Aceh. Menurut Wakil Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Aceh, Nawalul Faizin bahwa program unggulan strategis pemerintah melalui inisiasi BIN itu memang sangat bermanfaat bagi anak-anak muda.

Terbukti, bahwa pada ajang turnamen olahraga kali ini berlangsung dengan sangat meriah, yang mana terlihat dari bagaimana antusiasme luar biasa dari para peserta, yang bahkan mereka rela datang secara langsung dari daerah mereka masing-masing.

Bagaimana respons positif dari para peserta itu merupakan salah satu dari sekian banyak bukti konkret bahwa memang program olahraga dari AMANAH mampu mendatangkan banyak manfaat yang secara nyata mampu masyarakat rasakan langsung.

Untuk nilai positifnya dari ajang olahraga program binaan lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut, yakni akan menjadikan seluruh generasi muda terjauh dari berbagai kegiatan yang kiranya kurang bermanfaat bagi mereka, sekaligus memungkinkan pemuda itu lebih berkembang dalam bidang olahraga.

Optimisme berbagai pihak terus menyelimuti seiring kesuksesan dan bagaimana respons positif para pelajar atas ajang olahraga yang AMANAH laksanakan tersebut karena mampu menjadikan potensi olahraga di daerah semakin berkembang.

Selain itu, kualitas dari para pemain lokal daerah juga akan menjadi semakin terasah dengan baik bahkan memungkinkan mereka untuk berkancah di level lebih tinggi seperti tingkat nasional hingga internasional.

Lebih lanjut, dengan adanya ajang olahraga besar yang AMANAH laksanakan pada tingkat pelajar tersebut bisa memicu potensi olahraga daerah menjadi semakin bagus dan lebih berkembang lagi.

Sisi positif yang nyata dari acara tersebut yakni membuat para anak muda menjadi memiliki aktivitas yang baik dan terhindar dari kemungkinan atau risiko terpapar judi online (judol) hingga pemakaian narkotika.

Sementara itu, Pelatih Kepala Opanindo FC, Aulia Aditama (28) mengungkapkan bahwa dirinya sangat kagum atas bagaimana pelaksanaan dan kelancaran serta dampak positif nyata yang program inisiasi BIN tersebut laksanakan.

Pasalnya, dengan adanya AMANAH, maka menjadikan seluruh potensi anak muda dari wilayah berjuluk Negeri Rencong tersebut bisa semakin tumbuh berkembang. Dengan adanya ajang futsal dan bola basket itu ternyata sangat sukses dalam menggaet potensi anak muda Aceh.

Turnamen olahraga melalui Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat merupakan salah satu program strategis unggulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya pemberdayaan seluruh pemuda di wilayah berjuluk Serambi Mekkah.

Sebagai informasi, bahwa pemberdayaan yang pemerintah lakukan kepada para anak muda Aceh sendiri berfokus pada banyak aspek, utamanya untuk terus mendorong keunggulan daerah seperti pada sektor pertanian, peternakan, perikanan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), industri ekonomi kreatif, olahraga dan gerakan sosial.

Di sisi lain, Pelatih Tim Basket Fatih Billingual School, Banda Aceh Muhammad Alba Jili mengungkapkan bahwa turnamen gagasan AMANAH itu benar-benar mampu mengasah seluruh kemampuan para pelajar di bidang olahraga.

Dengan adanya turnamen olehraga dari program inisiasi BIN itu, menjadikan para anak muda sangat terbantu agar lebih berkembang dan menemukan banyak bibit atlet bertalenta. Karena mampu melaksanakan ajang olaraga yang bergengsi, maka menjadi tidak mengherankan mengapa antusiasme masyarakat besar di sana.

Apalagi, AMANAH juga menyiapkan hadiah berupa piala hingga uang pembinaan dengan jumlah yang cukup besar sehingga semakin meningkatkan motivasi para pelajar itu untuk bersaing dan berkembang.

Adanya respons yang sangat positif dari para pemuda peserta ajang turnamen memang membuktikan bahwa program olahraga dari AMANAH mampu menghasilkan manfaat yang sangat nyata dan secara langsung bagi masyarakat, khususnya anak muda untuk terus berkembang di bidang olahraga.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute, tinggal di Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *