Selama 10 Tahun Kepemimpinannya, Presiden Jokowi Berhasil Membangun Indonesia

Jakarta – Presiden Jokowi sudah berhasil memimpin Indonesia menuju bangsa yang lebih baik melalui langkah-langkah yang dilakukan seperti pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Hal tersebut disebabkan infrastruktur merupakan motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan Presiden Jokowi yang menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan negara.

Berbagai dinamika dan tantangan yang dihadapi Indonesia, telah berhasil dilewati Presiden Jokowi dengan sangat baik. Dosen FISIP yang juga Pengamat Politik dari Universitas Bung Karno, Faisyal Chaniago mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia.

“Jokowi telah membangun tol, jalan-jalan di pedesaan maupun di perkotaan, sudah membangun sekitar 50 pelabuhan untuk koneksi antar pulau. Tujuannya supaya pertumbuhan ekonomi bisa merata khususnya di daerah,” ujar Faisyal Chaniago.

Faisyal juga menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi secara masif sangat bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan indikator kemajuan dari sebuah negara.

“Efek positifnya yaitu menurunkan biaya produksi. Kalau biaya produksi menurun otomatis biaya barang juga akan turun. Secara tidak langsung biaya hidup masyarakat menjadi turun. Jadi, tidak ada di negara manapun yang membangun suatu negara tanpa infrastruktur dan ini menjadi indikator sebuah negara,” tambah Faisyal.

Tidak hanya itu saja, Faisyal Chaniago juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah meninggalkan paradigma lama yaitu Jawasentris menjadi Indonesiasentris. Menurutnya, semua wilayah memiliki hak yang sama untuk menikmati pembangunan.

“Jokowi telah meninggalkan paradigma lama yaitu Jawasentring dan membuat Indonesiasentris. Semua wilayah mempunyai hak yang sama untuk menikmati pembangunan. Maka, lahirlah jalan transpapua, transsumatera, dan transkalimantan, serta pembangunan infrastrktur di bidang-bidang lainnya sehingga efeknya terjadi pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Faisyal pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut mendukung dan mengapresiasi kebijakan yang telah dilakukan Jokowi karena efek janga panjang dari pembangunan tersebut nantinya akan dirasakan oleh semua warga Indonesia.

“Jadi, kita harus apresiasi langkah-langkah yang dilakukan Jokowi. Efeknya adalah hilangnya kecemburuan sosial dari daerah dan distribusi pembangunan tidak terjadi hanya di pulau Jawa, sehingga daerah-daerah lainnya juga memiliki kemandirian. Tentunya kebijakan tersebut merupakan efek jangka panjang yang dilakukan Jokowi dalam membangun negeri ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *