AMANAH Aceh Upaya Pemerintah Tingkatkan Ekonomi Daerah Melalui SDM Unggul

Oleh: Cut Hainur

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan hebat (AMANAH) merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan anak muda Aceh. Program ini tentunya membentuk minat dan bakat anak muda di Serambi Mekkah sehingga menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi di kancah nasional hingga global.

Dengan banyaknya pelatihan dan pembinaan melalui program AMANAH yang diinisiasi langsung oleh Badan Intelijen Negara (BIN), maka dapat membantu terjadinya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga bukan hanya bermanfaat bagi perekonomian saja, namun juga berdampak pada lahirnya banyak anak muda Aceh yang memiliki daya saing tinggi.

Anak-anak muda di Aceh terlihat sangat antusias dengan program AMANAH ini. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya peserta yang ikut berbagai kegiatan yang diadakan oleh AMANAH. Menurut Pengusaha Muda asal Aceh, Almer Hafis, AMANAH berperan dalam tumbuhnya perekonomian Aceh melalui pelatihan kewirausahaan. Target AMANAH yang tepat sasaran, yaitu ditujukan kepada anak muda serta hadirnya narasumber yang ahli di bidangnya juga sangat berkontribusi bagi meningkatnya ekonomi daerah.

AMANAH sendiri merupakan salah satu program unggulan strategis pemerintah melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) yang di dalamnya bertujuan untuk terus mengembangkan para anak muda Tanah Air agar semakin berkembang dan memiliki daya saing tinggi dalam berbagai hal, termasuk industri kewirausahaan.

Program AMANAH memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan dan pembinaan para generasi muda dengan melibatkan mentor-mentor yang terlatih dan professional di bidangnya masing-masing, sehingga sangat membantu dalam peningkatan kualitas SDM muda Aceh hingga bisa bersaing secara nasional maupun global.

Almer Hafis juga mengatakan bahwa perlunya intervensi dari Pemerintah Pusat dalam hal SDM untuk membentuk jiwa-jiwa entrepreneur dan kemandirian dari anak-anak muda Aceh, karena Almer menilai bahwa perekonomian di daerah dapat bertumbuh dengan lebih cepat dibandingkan di perkotaan apabila dapat dikembangkan dengan cara yang tepat guna.

Intervensi tersebut dinilai sangat memberikan wawasan maupun gambaran baru kepada anak-anak muda Aceh terkait cara kerja para pengusaha muda dari luar wilayah Aceh. Hal ini nantinya akan menjadikan para anak muda Aceh dapat menggali kreativitasnya guna merealisasikan bisnisnya di kancah nasional. Terdapat pembelajaran baru yang bisa dikembangkan oleh anak muda, mulai dari mendapatkan grading untuk memasarkan produknya secara nasional hingga mengendalikan ruang produksi dan distribusi untuk mengembangkan bisnisnya.

Aceh memiliki potensi besar dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif dan UMKM. Dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah, AMANAH saat ini sedang fokus pada pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pelatihan-pelatihan dengan tujuan membekali para generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Program AMANAH yang diinisiasi langsung oleh Badan Intelijen Negara (BIN) terus memfasilitasi dan membekali anak-anak muda dengan inovasi dan keterampilan. Hal tersebut dibuktikan dengan lahirnya hasil karya dari para peserta pelatihan AMANAH. Menurut Undang-Undang (UU) No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, sangat menekankan pada fungsi dan peran strategis anak muda dalam pembangunan nasional. Maka dari itu, anak muda harus diberikan kesempatan yang besar untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilannya.

Pemuda Aceh nantinya akan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang semakin berkembang dan mandiri apabila mereka menjadi bagian dari program AMANAH ini. Pasalnya, dalam program AMANAH binaan Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut para anak muda akan mendapatkan banyak sekali pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan agar semakin siap menjadi pribadi yang unggul.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masa depan bangsa ini berada di tangan para generasi muda di mana mereka harus memiliki kemampuan dan kapabilitas yang hebat agar bisa membawa bangsa ini menjadi lebih maju. Dengan begitu, anak muda harus memiliki semangat juang yang tinggi, daya kreatif, kreativitas dan inovasi, serta idealisme yang tinggi pula.

Program pelatihan yang diselenggarakan oleh AMANAH ini mencakup berbagai aspek penting dalam pengembangan UMKM, mulai dari manajemen bisnis, pemasaran digital, hingga inovasi produk. Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga menyediakan kesempatan bagi para peserta untuk mempraktikkan keterampilan melalui simulasi bisnis dan proyek nyata. Dengan demikian, para pemuda Aceh dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia usaha yang semakin kompetitif.

Pengusaha Muda asal Aceh, Almer Hafis berharap bahwa dengan kehadiran program AMANAH yang diinisiasi oleh BIN ini bisa berdampak pada pemerataan ekonomi hingga ke pelosok Aceh. Selain pelatihan, pihaknya juga berharap agar AMANAH dapat mendukung pengembangan UMKM dengan menyediakan akses ke jaringan pemasaran dan pembiayaan, dengan tujuan untuk membantu para pengusaha muda dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk lokal di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan begitu, program tersebut dapat memberikan banyak manfaat berupa fasilitas lengkap yang disuguhkan oleh AMANAH kepada anak muda Aceh agar bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional, karena salah satu pembinaan yang dijalankan dalam program AMANAH tersebut memang bertujuan sebagai wadah bagi para generasi muda di Negeri Rencong untuk terus mengembangkan pribadinya menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memajukan perekonomian daerah Aceh.

*) Mahasiswa dari UIN Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *